TYT TH-UVF9

Monday

Panduan Singkat TYT TH-UVF9


Pengaturan Menu :
Untuk melakukan pengaturan menu pada HT TYT-THUVF9 adalah dengan menekan tombol FUN (berwarna orange), lalu tekan tombol panah atas bawah untuk menuju menu yang diinginkan atau dengan menekan tombol FUN dilanjutkan dengan menekan tombol angka sesuai dengan menu yang diinginkan atau dikenal dengan menu cepat atau shortcut.
Contoh :
Untuk merubah frekuensi per lima angka 5Hz atau STEP 5 bisa dilakukan menggunakan 2 cara, yaitu :
  1. Tekan tombol FUN, tekan tombol panah atas bawah sampai terlihat STEP di LCD.  Atau menggunakan cara kedua yaitu cara cepat sbb :
  2. Tekan tombol FUN + 2 + 9.  Maka dilayar akan langsung terlihat STEP.
 
Cara Merubah Kanal Frekuensi :
Pastikan HT berada dalam kondisi frekuensi bebas (VFO).  Jika berada dalam posisi mode Memory, untuk merubahnya, tekan tombol EXIT.  Kemudian silakan tekan kanal frekuensi yang diinginkan.  Misalnya : untuk memilih frekuensi 153.480, silakan tekan angka 153480 pada keypad secara berurutan.
Jika saat merubah frekuensi namun tidak sesuai dengan frekuensi yang diinginkan, jangan panik…  ikuti langkah seperti yang telah disebutkan di atas.  (lihat contoh untuk merubah frekuensi per lima angka 5Hz)
 
Cara Menyimpan Memory TYT TH-UVF9:
Misalnya akan menyimpan frekuensi 153.480 di memory nomor 1, caranya adalah :
  1. Masuk mode VFO (tekan tombol EXIT jika berada pada mode Memory)
  2. Pilih frekuensi yang hendak anda simpan, dalam hal ini silakan tekan angka 153480 pada keypad,  lalu tekan FUN, lalu tekan tombol EXIT, di sebelah kanan layar akan terlihat angka (nomor channel).
  3. Nomor channel bisa dirubah dengan menekan tombol panah atas bawah.  Jika nomor berkedip-kedip, berarti nomor channel tersebut sudah dipakai sebelumnya.  Untuk contoh ini silakan memilih nomor 1.
  4. Nomor channel bisa disimpan di nomor berapapun Anda inginkan.  Jika nomor channel sudah terpakai dan tetap menginginkan menyimpan pada nomor channel tersebut, otomatis akan tertimpa dengan nomor channel memory baru.
  5. Setelah memilih di nomor channel, tekan tombol EXIT untuk menyimpan frekuensi tersebut.
  6. Semua setting yang menyertai akan turut disimpan, termasuk setting power (high/ low), setting tone squelch, setting offset frekuensi, dan lainnya.
 
  Setting Repeater TYT TH-UVF9

Pastikan melakukan prosedur save memory HANYA di mode VFO !!!
VFO (Variable Frequency Oscilator) atau VFO A adalah posisi dimana kita bisa memasukkan frekuensi pada radio handy talky dengan menekan tombol keypad.  Jika saat ini masih dalam Memory Mode, pindahkan dulu ke VFO Mode dengan menekan tombol EXIT di keypad.
 
Contoh Frekuensi Repeater yang Diinginkan :
Menyimpan frekuensi repeater 153.550, minus offset 155 KHz (atau di 152.000), 88.5Hz tone, low power level, dan disimpan ke Channel #008 atau dengan kata lain akan menyimpan frekuensi repeater pada posisi RX 153.550 dan TX 152.000 di memory nomor 1
 

Prosedur :
1. Nyalakan Radio.
2. Jika saat ini posisi pada Memory Mode, pindah dulu ke VFO Mode.
3. Pilih Step 5. Caranya : Tekan FUN + 2 + 9 + FUN + Gunakan tombol panah atas bawah sampai terlihat angka 5K + EXIT + EXIT
4. Pilih frekuensi RX (receive) : tekan 153550 menggunakan keypad
5. Pilih frekuensi TX (Transmit) : tekan FUN + 2 + 3.  Dilayar akan terlihat tulisan OFFSET, tekan tombol FUN, kemudian masukkan selisih frekuensi RX dan TX yaitu 155KHz (153550 - 152000 = 155).
6. Tekan 00155 dilanjutkan dengan tekan FUN untuk konfirmasi kemudian tekan tombol EXIT.
Lanjutkan dengan melakukan setting offset, dalam contoh ini, TX lebih kecil dari RX maka akan melakukan setting OFFSET - (minus), caranya :
7. Tekan FUN + 2 + 8.  Dilayar akan muncul S - D. Lanjutkan dengan menekan FUN.
8. Tekan tombol panah atas bawah sampai muncul tanda - di layar. 
9. Tekan FUN + EXIT.  Pada proses ini akan muncul tanda - dilayar.
Selanjutnya melakukan setting tone di 100HZ : (jika setting pada tanpa tone, abaikan langkah dibawah ini)
10. Tekan FUN + 2 + 7.  Di layar akan muncul tulisan T-CDC.
11. Tekan FUN lalu tekan * (tanda bintang) hingga di layar bagian bawah muncul 67.0, tekan tombol panah atas hingga muncul 88.5, lalu tekan FUN sekali untuk save, lalu tekan EXIT untuk kembali ke VFO.  Hingga saat ini di layar bagian atas akan muncul huruf DS.
Prosedur di bawah ini akan merubah power menjadi LOW POWER :
12. Tekan FUN + 4 + FUN dilanjutkan dengan menekan tombol panah atas bawah sampai muncul tulisan LOW di layar.
13. Tekan FUN + EXIT.  Dilayar akan muncul huruf L.
 
Silakan di tes dulu dengan menekan tombol PTT.  Jika benar, maka saat menekan tombol PTT angka dilayar akan berubah menjadi angka 152.000.  
Selanjutnya melakukan Penyimpanan Memory (Saving Memory), caranya tekan FUN + EXIT, pilih channel dengan menekan tombol panah atas bawah, kemudian tekan EXIT untuk menyimpan.
 
 
Keterangan :
RX (Receive) adalah frekuensi saat menerima sinyal.
TX (Transmit) adalah frekuensi saat mengirim sinyal.
FUN + 2 + 9 artinya proses menekan tombol secara BERURUTAN, bukan secara bersamaan, yaitu menekan tombol FUN dilanjutkan dengan tombol 2 dilanjutkan tombol 9
Scan Frekuensi atau memory :
  1. Scan frekuensi : pada mode VFO, tekan FUN + 1 + FUN.  Proses scanning frekuensi akan berjalan otomatis.  Untuk menghentikannya silakan tekan tombol FUN.
  2. Scan memory : pada mode MEMORY, tekan FUN + 1 + FUN.  Proses scanning frekuensi akan berjalan otomatis.  Untuk menghentikannya silakan tekan tombol FUN.
 
Cara untuk mendengarkan Radio FM :
TYT TH-UVF9 memiliki fitur penerima radio FM untuk mendengarkan siaran radio FM, langka-langkah untuk masuk ke radio FM :
  1. Tekan tombol FM untuk masuk ke mode radio FM.
  2. Tekan tombol angka di keypad untuk memasukkan frekuensi radio FM, atau dengan menekan tombol panah atas/ bawah.
  3. Tekan tombol FUN lalu tombol angka 1, lalu tekan FUN untuk scanning siaran radio FM yang ada.
  4. Simpan frekuensi radio FM favorit anda dengan menekan tombol FUN lalu tekan EXIT, nomor channel akan berkedip-kedip di layar. Tekan tombol panah atas bawah untuk memilih nomor channel yang diinginkan, lalu tekan EXIT untuk menyimpan.
  5. Tekan tombol FM sekali lagi untuk kembali ke mode sebelumnya (VFO atau MR).
 
Mengembalikan HT ke Setting Pabrik :
Proses RESET akan menghapus semua memory channel, dan setting lainnya atau sekedar ingin mengembalikan ke setting awal TYT TH-UVF9.
Matikan HT. Tekan dan tahan tombol FUN, lalu nyalakan HT. Pada layar akan muncul RESET? Tekan FUN, dilayar akan muncul VFO? Ada beberapa pilihan:
  • Tekan FUN untuk mereset channel, atau
  • Tekan panah atas/ bawah untuk memilih FULL.
  • Lalu tekan FUN untuk mereset semua setting ke settingan awal.
 
Untuk mempermudah proses menyimpan puluhan bahkan ratusan frekwensi repeater dan memberi nama untuk tiap channel, gunakanlah kabel data interface USB untuk memprogram TYT TH-UVF9 melalui komputer/ laptop.

 

Share this article :

Similiar Templates

 
Support : GIYANTO JAYA MULTIMEDIA
Copyright © 2013. giyanto jaya informasi - All Rights Reserved
Created by GIYANTO JAYA COMP - MULTIMEDIA