Petunjuk Penggunaan Aplikasi Zello untuk PC / android

Wednesday

 Beberapa pengguna zello setelah mendownload aplikasi mengalami kesulitan menggunakannya. Belum ada petunjuk penggunaan aplikasi ini sehingga demi mengoptimalkan pengunaannya penulis memutuskan untuk membuat petunjuk penggunaan Zello for PC sehingga cara kerja aplikasi serta hal-hal menarik tentang aplikasi ini dapat dimengerti. Petunjuk penggunaan ini berbasis pada aplikasi Zello for PC dan akan diterangkan langkah demi langkah.

 Download dan Instalasi

 

Aplikasi Zello for PC berukuran 1,4 MB dan dapat diunduh di www.zello.com

Membuat akun

Jika anda pertama kali menginstall Zello maka diharapkan anda membuat akun terlebih dahulu dengan cara mudah. Silahkan memilih username dan password yang anda kehendaki pastikan ketersediaan username dengan mengklik Check availability. Email merupakan isian pilihan akan tetapi Email merupakan isian pilihan umpama lupa pasword


Pada awalnya kontak masih kosong akan tetapi ada echo. Klik echo kemudian klik logo zello dibawah maka Anda dapat mencoba bicara dan mendengarkan suara anda kembali.
Langkah selanjutnya adalah mengundang teman. karena mengunakan zello anda harus berbicara dengan seseorang. Cara mengundang teman dapat anda lakukan dengan mengirimkan email kepada teman untuk mendownload aplikasi serta menyebutkan username anda.

Menambah Kontak

Jika anda tahu username seorang untuk berbicara tambahkan dalam kontak anda. Gunakan menu Tools > Add a contact
Masukkan username teman, klik next. Jika username ada klik next dan finish

Usahakan menambah sekurang-kurangnya dua orang teman untuk membuat grup

Setelah menambah kontak, anda akan mendapat notifikasi awaiting authorization dan segera setelah teman anda online, mereka akan mendapat notifikasi berbentuk bendera kecil berwarna hijau dan untuk membukanya kita klik. Bentuk

Kemudian akan muncul permintaan otorisasi sebagai berikut

Klik Allow untuk menambah user dalam daftar kontak dan mengijinkan mereka mengirim pesan atau decline untuk menolak sedangkan block untuk mencegah secara permanen mereka untuk minta otorisasi tanpa ada opsi untuk unblock.

Push to talk

Jika ada kontak yang online ada dapat berbicara dengan memilih user dari daftar dan memencet tonbol dengan logo zello dan mulai berbicara lepaskan jika berhenti. Jika teman anda available maka akan ada jawaban. Perhatikan bahwa jika anda sedang bicara ada animasi panah warna merah dan berubah hijau jika mendengarkan. Selain melakukan klik dapat juga dengan tombol F7 untuk Push to talk yang juga bekerja pada saat program kita lakukan minimize.
Sebuah notifikasi kecil di pojok kanan bawah akan muncul menunjukkan siapa yang sedang berbicara. Jika anda tidak suka posisi notifikasi dapat diubah sesuai dengan yang dikehendaki.

Mengunci tombol bicara

Menahan tombol selama berbicara tentu mengganggu maka kita dapat mengkunci tombol.

Klik sebelah kanan tombol hijau dengan tanda kunci gembok yang akan memicu mode “lock talk”. Anda dapat melakukan hal yang sama dengane Shift+F7 tekan F7 untuk berhenti. Warna merah mengindikasikan mode aktif. Jangan berbicara terlalu lama gunakan seperlunya saja. Jika ingin menginterupsi tekan F7 dan berbicara.

Pesan dari seorang ke banyak kontak

Anda dapat berbicara dengan banyak kontak sekaligus. Takan tombol Ctrl untuk memilih banyak kontak dan gunakan F7 atau tombol hijau untuk mulai bicara.

Anda dapat membuat group channel permanen dari kontak anda. Gunakan perintah menu “Tools > Create a channel…” untuk membuat channel baru dan drag kontak untuk menambahkannya. Dobel klik pada sebuah channel untuk masuk ke daftar. Untuk menghapus dari channel cukup drag kontak. Jika semua kontak di hapus, channel menghilang.

Mode Status

Biasanya semua pesan yang masuk tersampaikan pada waktu bersamaan. Akan tetapi apabila anda melakukan set kondisi status Away ataupun Busy,  pesan tidak akan langsung disampaikan akan tetapi direkam dan dapat diakses di waktu kemudian.


Untuk mendengarkan pesan, klik icon play disamping kontak. Mode headphones tidak memiliki efek tertentu hanya menunjukkan kontak menggunakan headphone untuk mendengarkan secara pribadi.

Pengulangan pesan

Pada saat kita tidak dapat mendengarkan pesan terakhir tekan Shift+F7 untuk mengulanginya.

Kustomisasi shortcut keyboard

Cara terbaik menggunakan Zello melalui shortcut keyboard. Kita dapat memilihnya sesuai kehendak kita.

Gunakan Tools > Options… untuk melakukan setting. Misalkan kita dapat mengubah tombol Push to talk dari F7 ke tombol lain dengan cara tekan set dan tekan tombol yang dikehendaki.
Share this article :

Similiar Templates

 
Support : GIYANTO JAYA MULTIMEDIA
Copyright © 2013. giyanto jaya informasi - All Rights Reserved
Created by GIYANTO JAYA COMP - MULTIMEDIA