SETING ALINCO DJ196

Wednesday





1. Tekan tombol [V] / [M] dan akan muncul M berkedip-kedip dibawah


2. Putar tuas pemutar frekuensi ke angka ? hasil M1

3. Tekan tombol [V] / [M] MW sekali lagi, maka tulisan M1 akan menghilang

4. Masukan frekuensi TX = 150.000 dengan memutar luas pemutar frekuensi atau ketik saja 153.540

5. Tekan kembali [V] / [M] MW ? Muncul M1


setting duplex nya

6. Masukan beda frekuensi RX tekan [FUNC] SET dan tekan Shift (angka 2) 2 sehingga akan keluar angka. Angka tersebut untuk memasukan Split atau selisih RX dan TX nya.

Perlu diperhatikan : diatas ada tanda [-] tekan kembali Shift untuk merubah [+] dan tekan sekali lagi untuk menghilangkan [-] dan [+]. Jika sudah selesai keluar dengan menekan PTT .

7.Untuk merubah Tone Squel tekan [FUNC] SET kemudian tekan [TSQ] (angka 4) maka akan keluar [T] di atas dan nilai Tone, silahkan Anda sesuaikan. Untuk keluar tekan [PTT] sedangkan untuk membatalkan dan menghilangkan T langsung saja tekan TSQ (angka 4) lagi makal keluar [T] [SQL], tekan sekali lagi untuk off dan tekan PTT.

8. Selanjutnya simpan memory M1 dengan menekan [FUNC] SET kemudian tekan [V]/[M] MW, maka tulisan M1 menghilang

9. Tekan [V]/[M] MW kembali, maka akan muncul M1

10. Untuk mengunci tekan [FUNC] SET lalu SCAN KL(B)

11. Cara mematikan LED display : dalam keadaan mati, tekan tombol MON/LAMP di samping kiri, kemudian tekan timbol POWER


 SETELAN YANG LAIN

Dari FUNC atau function kemudian 1 (step) terus putar rotari
Berarti skala rotari / potensio adalah 0,5,10

Mengaktifkan VFO / modus normal
ketika  radio HT / 2 meter band / 144 mHz dihidupkan, maka VFO akan aktif untuk pertama kali. Tekan huruf A / memory untuk kemodus memory.

 Melihat memory yang belum terisi
Ketika Anda tekan tombol A atau m, dan bila huruf m pada layar yang berkedip ini berarti ruang memory belum terisi atau masih kosong.

Melihat frekuensi channel yang sudah tersimpan
Tekan tombol A atau m, jika dial muncul misal dial 145.900 dan dibawahnya ada angka 7 (angka kamar / ruang memory) dan huruf m dilayar tidak berkedip ini berarti kamar 7 sudah diisi oleh dial tersebut.
Menghapus frekuensi channel
Tekan m kemudian putar rotari diruang memory 7, selanjutnya tekan FUNC-set dan m. Jika m dilayar berkedip ini artinya ruang 7 telah terhapus / kosong / tidak terkunci.

Setting Duplex (Komunikasi dua jalur)

Komunikasi dua jalur digunakan untuk radio dengan fasilitas pancaran ulang / repeater. Misal menerima (receiver) pada dial 142.000 mHz tapi mengirim (transmitter) pada dial 140.500 mHz, terdapat selisih -150 diset dengan jalan :

Aktifkan mode VFO lalu masukan angka 14.200 - FUNCset - angka 2 (shift) + 150/-150, F-shift dulek +5 s/d +50 dan seterusnya, set juga pada OST atau off.


 Modus memory
Modus memory terdiri dari ruang / kamar yang berisi channel-channel yang digunakan untuk menyimpan frekuensi penting didaerah anda. Ruang memory dimulai dari 1,2,4 - 39, sedangkan untuk ruang C (Central) sudah default bawaan pabrik yang merupakan ruang untuk channel 145.000 mHz.

Mengatur Volume
Tekan FUNC lalu tekan tombol bintang (Vol) kemudian putar rotari kanan kiri untuk suara pelan atau keras skala 0 ~ 14.

Setting daya LOW / HIGH
jika anda ingin settingan daya output Low pada HT Alinco tekan saja FUNC atau tombol angka 5, sebaliknya untuk HIGH.

Rotari
Untuk langkah rotari diset dengan menekan FUNC kemudian tombol angka 1 atau STEP digunakan untuk membuat duplex maupun membuat langkah scan

Scanning
Fungsi scan atau tombol C bisa diterapkan di dalam modus VFO maupun modus memory, ketika Anda menekan scan selanjutnya putar rotari kekanan atau kekiri, kemudian akan berhenti ketika gelombang kuat tertangkap dan mengunci.

Menyalakan lampu layar
Tekan FUNC kemudian dilanjutkan dengan menekan PTT, ketika Anda sedang memprogram lampu tidak akan pernah padam namun jika tombol apapun tidak ditekan maka lampu akan padam dengan sendirinya.

Mengatur rotari srep
Mengatur langkah rotari jika anda memilih 5 langkah itu artinya 5 kHz setiap ketukan spasi rotari, misal langkah 10, 12, 5 atau 30 tiap spasi rotari/potensio. Caranya adalah dengan menekan tombol FUNC kemudian tekan angka 1 (step) lalu putar potensio/rotari.
Share this article :

Similiar Templates

 
Support : GIYANTO JAYA MULTIMEDIA
Copyright © 2013. giyanto jaya informasi - All Rights Reserved
Created by GIYANTO JAYA COMP - MULTIMEDIA